Rangkuman BAB 7 Informatika kelas 8 -Naura 8A
Algoritma Pemrograman
- Scratch
- Kode Control, Input, dan Variable
Kalian dapat mengatur berapa banyak kode berulang dan kondisi dari objek/sprite dengan kode Control. Dengan kode ini, diharapkan kalian dapat mengatur
kode program dengan lebih baik. Kode Control yang tepat akan membuat
program kalian menjadi lebih sederhana karena kalian tidak perlu menuliskan
hal yang sama berulang kali. Dengan kode
Control juga, kalian dapat mengatur kondisi program kalian.
Pengertian:
- Variable adalah sebuah nama yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai, dan nilai yang disimpan dapat diubah dengan blok [set variable to] atau [change variable by]. Variable dapat dikenali di semua Sprite (global variable) atau hanya dikenali di Sprite yang aktif saat Variable dibuat (local variable).
- Kode Control pada Scratch dapat mengatur jalannya program, yaitu pengulangan dan kondisi. Dengan kode Control yang tepat, kode program yang dibuat dapat menjadi lebih sederhana
- Kode Custom Block
Custom Block adalah sebuah block pada Scratch yang dapat kalian buat sendiri
dan dapat disesuaikan fungsinya. Dalam konsep pemrograman pada umumnya,
Custom Block dapat dianggap sebagai fungsi/prosedur. Kalian membutuhkan kode yang sama untuk dapat digunakan
beberapa kali, kalian dapat menggunakan Custom Block pada Scratch. Dengan
Custom Block, kalian dapat membuat blok sendiri, yang nantinya dapat berisi
blok lainnya juga.
2. Blockly Games & Puzzle Games
Blockly adalah suatu tools yang dapat membantu membuat program sederhana
dengan menggunakan blok-blok, seperti halnya Scratch. Dengan menggunakan
Blockly, proses pengetikan kode program digantikan dengan menggabungkan
blok-blok. Kalian dapat melakukan drag and drop pada blok-blok ini. Blok-blok ini
merepresentasikan konsep-konsep dasar pemrograman seperti variabel, ekspresi
logika, looping, dan lain-lain. Pada Blockly, blok-blok yang sudah disusun dapat
langsung diterjemahkan ke berbagai bahasa pemrograman seperti JavaScript,
PHP, Python, dan lain-lain.
Salah satu permainan yang disediakan di Blockly Games adalah Puzzle. Dalam permainan Puzzle pemain harus menyusun blok-blok yang berisi keterangan
dan foto hewan ke blok hewan yang sesuai. Kalian akan
belajar mengenali blok yang digunakan pada Blockly.
Melalui permainan ini, kalian juga dapat belajar tentang
kosakata (vocabulary) dalam bahasa Inggris dan informasi
tentang beberapa hewan.
- Blockly Games Music
Eskplorasi Music ini memiliki 10 level, dengan tingkat kesulitan yang makin
meningkat. Dimulai dari level 1 yang paling mudah, yaitu hanya membutuhkan 4
buah blok not balok sampai dengan level 9 di mana kalian dapat menggunakan
beberapa fungsi/prosedur, jenis not balok yang beragam, serta jenis suara yang
dikeluarkan juga beragam. Di level 10, kalian juga diminta untuk membuat lagu
dengan menyusun not balok sendiri.
- Sprites dengan Blockly
Kalau kalian ingat sewaktu eksplorasi dengan Scratch, blok kode
program akan ditempatkan pada setiap sprite yang tersedia. Adapun Blockly
memiliki pendekatan yang sedikit berbeda. Blok kode program pada Blockly
ditempatkan pada tempat yang sama dan melalui aktivitas ini, kalian akan
belajar untuk memahami lebih lanjut mengenai eksplorasi sprite pada Blockly.
Sekarang, kalian akan mencoba eksplorasi Blockly dengan beberapa
objek/sprite. Sayangnya, ini tidak bisa kalian lakukan dengan lingkungan
yang sebelumnya dipakai.
Pada kesempatan ini, kalian akan menggunakan tools Coding with Chrome
yang dapat diunduh dari https://chrome.google.com/webstore/detail/codingwith-chrome/becloognjehhioodmnimnehjcibkloed. Sesuai namanya, aplikasi
ini dapat diunduh apabila kalian memiliki browser Google Chrome.
- Pemrograman Prosedural
Dalam pemrograman prosedural, kalian akan memprogram berdasarkan
konsep komputer yang sudah dipelajari pada modul SK (Sistem Komputer).
Tentunya kalian masih ingat, bahwa komputer mempunyai tiga elemen
penting, yaitu perangkat input, pemroses utama (CPU), dan perangkat output.
CPU memiliki memori, bus dan ALU.
Sebuah program komputer akan mengendalikan komputer dalam
melakukan Input-Proses-Output. Maka, dengan menuliskan sebuah program
komputer, kalian dapat memerintah komputer untuk hal berikut.
1. Menerima input, dan menyimpannya dalam sebuah variabel, serta
mengambil isinya jika diperlukan dengan menyebutkan nama variabel.
2. Mengeluarkan output, dengan menggunakan perintah “print”, “write”, atau
“display” atau lainnya, yang akan membuat komputer menampilkan nilai
yang disimpan dalam variabel atau diberikan, tergantung perintah tersebut
mau diarahkan ke layar atau ke printer, atau ke piranti atau bahkan artefak
keluaran lainnya (misalnya menyalakan/mematikan lampu).
3. Melakukan perhitungan aritmatika dan logika, sesuai dengan operasi
aritmatika yang menggunakan operator kali, bagi, tambah, kurang atau
operasi logika dengan menggunakan operator and, or, not, atau operasi
perbandingan dengan operator <, >, =
- Variabel
Pada saat membuat program, seringkali, kalian ingin menyimpan nilai-nilai
untuk dapat digunakan kembali. Di dalam pemrograman, variabel digunakan
untuk menyimpan nilai-nilai. Selain menyimpan nilai, sebuah variabel juga
harus memiliki nama sehingga dapat dibedakan dengan variabel lainnya.
Nama variabel haruslah mudah untuk dikenali. Karena itu, perhatikanlah
beberapa tips berikut ini ketika memberi nama untuk sebuah variable.
1. Buatlah nama variabel yang menggambarkan fungsi variabel tersebut.
Misalkan, kalian ingin membuat variabel untuk menyimpan panjang,
berilah nama “panjang” untuk variabel tersebut. Pemberian nama yang
sesuai dengan fungsi variabel akan memudahkan kalian untuk memanggil
variabel tersebut saat dibutuhkan. Bayangkan jika variabel kalian hanya
bernama “x”, “y”, “z”. Mungkin kalian akan lupa apa fungsi variabel tersebut
di tengah-tengah pengerjaan program.
2. Tidak perlu memberikan nama yang panjang untuk variabel yang kalian
buat. Untuk pemrograman dengan Blockly mungkin kalian merasa
panjang dan pendek tidak berpengaruh, karena untuk menggunakan
variabel tersebut kalian cukup memilih blok variabel tersebut. Akan tetapi,
jika kalian menggunakan bahasa pemrograman lain yang mengharuskan
kalian mengetik nama variabel untuk memanggil variabel tersebut, kalian
akan kesulitan mengetik nama yang panjang dan mungkin kalian akan
sulit mengingat semua nama variabel itu. Ada bahasa pemrograman yang
bahkan membatasi panjangnya nama variabel.
Sebuah variabel dapat menyimpan data dengan tipe tertentu. Sebagai
contoh, variabel umur dapat menyimpan sebuah bilangan dan variabel nama dapat menyimpan sebuah teks.
- Analisis Variabel
Sebelum mulai membuat kode program, pertama-tama kalian perlu
menganalisis variabel-variabel yang dibutuhkan di dalam program ini. Berikut
ini adalah analisis variabelnya.
1. Banyaknya baris yang harus ditampilkan bervariasi tergantung nilai N.
2. Banyaknya * yang harus ditampilkan pada setiap baris dari kiri ke kanan,
juga harus bervariasi:
a) Baris ke-1 : 1 buah * *
b) Baris ke-2 : 2 buah * **
c) Baris ke-3 : 3 buah * ***
d) …
e) Baris ke-i : i buah *, i disebut nomor baris
f) …
g) Baris ke-N : N buah *
Maka, kalian perlu mendefinisikan 2 buah variabel, yaitu N yang
merupakan banyaknya baris, dan variabel i yang merupakan nomor baris.
Variabel N diperoleh melalui input, sedangkan variabel i harus di-set nilainya.
Comments
Post a Comment